“
BAKSO BAKAR “
Usaha ini
dilakukan karena berbeda dari usaha pada umumnya,yaitu usaha dalam bidang
makanan yang sangat digemari semua kalangan yaitu bakso,hanya saja baso yang
saya buat berbeda dengan bakso pada umumnya yaitu “Bakso Bakar”. Bisnis adalah
sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang
prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus
dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan
mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Peluang
usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Inilah
yang melatarbelakangi berdirinya usaha Bakso Bakar.
. Tujuan Usaha :
1.
Untuk
memperoleh penghasilan dan memberikan kepuasan bagi pihak konsumen.
2.
Mendidik
bekal usaha pada masyarakat yang terhimpun dalam usaha seperti keterampilan
berdagang serta membuat bakso berkualitas.
3.
Menciptakan
usaha yang sehat dan menciptakan income yang optimal.
4.
Menciptakan
wadah kerjasama dan organisasi yang berlandaskan niaga.
5.
Memiliki
tujuan usaha yang integratif antara aspek manajemen usaha.
Faktor-faktor
pendukung :
1.
Tempat pemasaran yang mudah dicari dan strategis.
2.
Harganya tidak begitu mahal di kalangan masyarakat menengah ke bawah .
3.
Belum banyak
yang menjual bakso bakar.
Faktor-faktor
penghambat adalah :
1.
Keterbatasan dana yang kami miliki dalam membagi dana belanja.
2.
Kenaiakan harga bahan baku yang tidak stabil harganya.
3.
Jika ada bakso yang tidak laku terjual akan membuat usaha kami menjadi
merugi.
4.
Sulit untuk mendapatkan daging sapi yang segar dan berkualitas baik.
5.
Adonan yang tidak pas takarannya dapat menyebabkan bakso tidak bisa
dicetak.
Visi :
1.
Menjadikan
Bakso Goreng sebagai usaha makanan tradisional cepat saji.
2.
Membawa
makanan tradisional khas Indonesia pada dunia internasioan.
3.
Menjadi
Brand Nasional dan pemimpin pasar usaha bakso modern di Indonesia.
Misi :
1. Peningkatan mutu produk Bakso Bakar terhadap jenis
produk dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan.
2.
Menyediakan
berbagai variasi produk hidangan bakso yang enak dan unik.
3.
Memberikan
kualitas pelayanan yang baik.
4. Senan tiasa berinovasi dan mningkatkan kualitas
pelayanan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dan mitra usaha.
Berikut SWOT
untuk kuliner yang akan saya jalani :
1. Strenghts / Kekuatan
·
Konsep yang
di tawarkan menggunakan WiFi.
·
Kurangnya
tempat nongkrong anak muda.
·
Menggunakan
konsep lesehan.
·
Memiliki
website dan forum pribadi.
·
Harga
merakyat.
·
Mengutamakan
Brand.
·
Bebas bahan
pengawet.
2.
Weakness /
Kelemahan
·
Banyak
pesaing.
·
Modal untuk
memenuhi usaha masih kurang.
·
Kurangnya
kemempuan membuat bakso yang di sukai banyak orang.
3.
Opportunities
/ Kesempatan
·
Dengan daya
inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.
·
Belum banyak
tempat makan Sederhana yang memasang Wifi.
·
Jarangnya
tempat nongkrong untuk anak muda yang biasanya mencari tempat yang memiliki
akses Wifi.
·
Malam minggu
biasanya menjadi favorit anak muda untuk berkumpul bersama teman-teman.
·
Memberikan
lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.
4. Threats / Ancaman
·
Wifi
terkadang memiliki gangguan.
·
Harga bahan
baku yang meningkat, otomatis harga bakso juga semakin mahal.
·
Banyak
pesaing yang mengikuti konsep yang telah kita buat.
Segmentasi : semua kalangan, baik itu anak kecil
ataupun orang tua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar